1. Apa yang dimaksud
dengan IT SERVICE MANAGEMENT (ITSM)?
dan apa tujuan utama dari ITSM?
Jawab :
IT Service Management (ITSM)
adalah suatu metode pengelolaan aktivitas teknologi informasi yang fokus
memberikan layanan prima kepada para pengguna/pelanggannya.
Tujuan utama ITSM adalah menyelaraskan layanan IT dengan
kebutuhan pengguna, memperbaiki kualitas layanan TI, dan mengefektifkan
penggunaan biaya untuk pengelolaan TI.
2. Sebutkan Kerangka kerja (framework) yang dianggap dapat memberikan contoh penerapan IT SERVICE MANAGEMENT (ITSM)
Jawab :
·
Information Technology
Infrastructure Library (ITIL)
·
Control Objectives for
Information and Related Technology (COBIT)
·
Software Maintenance
Maturity Model
·
PRM-IT IBM's Process Reference Model for IT
·
Application Services
Library (ASL)
·
Business Information
Services Library (BISL)
·
Microsoft Operations
Framework (MOF)
·
E-Sourcing Capability Model
for Service Providers (eSCM-SP) dan eSourcing Capability
Model for Client Organizations (eSCM-CL) dari ITSqc for Sourcing Management.
3. Sebutkan proses-proses yang ada dalam IT SERVICE MANAGEMENT (ITSM)
Jawab :
·
Control Process
·
Solution
Process
·
Release
Process
·
Service
Delivery Process
·
roRelationship
Pcess
4. Hal apa saja yang mempengaruhi tantangan dalam
IT
SERVICE MANAGEMENT (ITSM)?
Jawab :
·
Menjaga jalannya layanan TI setiap saat
·
Mengoptimalkan biaya TI
·
Mengelola resiko dan kompleksitas TI
·
Mencapai kepatuhan hukum dan peraturan
·
Mengelola perubahan volume yang lebih tinggi
·
Menyelaraskan layanan TI dengan kebutuhan bisnis
5. Sebutkan Tahapan Siklus ITIL untuk IT SERVICE MANAGEMENT (ITSM) yang baik
Jawab :
·
Service Strategy
·
Service Design
·
Service Transition
·
Service Operatio
·
Continual Service Improvement
6. Sebutkan dan jelaskan
isi dari buku core guidance
publications
Jawab :
·
Practice fundamentals : menjelaskan latar belakang tahapan lifecycle serta kontribusinya terhadap
pengelolaan layanan TI secara keseluruhan.
·
Practice principles :
menjelaskan konsep-konsep kebijakan serta tata kelola tahanan lifecycle yang menjadi acuan setiap
proses terkait dalam tahapan ini.
·
Lifecycle processes and activities : menjelaskan berbagai proses maupun aktivitas yang
menjadi kegiatan utama tahapan lifecycle.
Misalnya proses financial management
dan demand management dalam tahapan Service Strategy.
·
Supporting organization structures and roles : proses-proses ITIL tidak akan dapat berjalan dengan
baik tanpa defini roles dan responsibilities. Bagian ini menjelaskan
semua aspek yang terkait dengan kesiapan model dan struktur organisasi.
·
Technology considerations : menjelaskan solusi-solusi otomatisasi atau software ITIL yang dapat digunakan pada
tahapan lifecycle, serta
persyaratannya.
·
Practice Implementation : berisi acuan/panduan bagi organisasi TI yang ingin
mengimplementasikan atau yang ingin meningkatkan proses-proses ITIL.
·
Complementary guideline : berisi acuan model-model best practice lain selain ITIL yang dapat digunakan sebagai
referensi bagian tahapan lifecycle.
·
Examples and templates : berisi template maupun contoh-contoh pengaplikasian
proses.
7. Apa yang menjadi Pendorong
utama pentingnya IT Service Management ?
Jawab :
Pendorong
utama pentingnya IT Service Management adalah fakta semakin meningkatnya ketergantungan
organisasi kepada teknologi informasi untuk mencapai tujuan strategi dan
kebutuhan organisasi. Ketergantungan tersebut menyebabkan tumbuhnya
kebutuhan akan layanan teknologi informasi berkualitas tinggi yang mengikuti
kebutuhan organisasi dan user sesuai dengan perkembangannya. Layanan teknologi
informasi berkualitas tinggi berarti meningkatkan efisiensi dan efektivitas
penggunaan teknologi informasi untuk memenuhi kebutuhan
organisasi.
8. Jelaskan Standar elemen untuk definisi ITSM secara
umum
Jawab :
·
Penjelasan tentang proses yang diperlukan untuk memberikan dan dukungan IT Services untuk pelanggan
·
Tujuan utama adalah untuk menyampaikan dan mendukung teknologi atau
produk yang dibutuhkan oleh key business
untuk memenuhi tujuan-tujuan organisasi
·
Memberikan peran dan tanggung jawab bagi orang yang terlibat termasuk
staf TI, pelanggan dan stakeholder lainnya yang terlibat
·
Pengelolaan pihak eksternal yang terlibat dalam peran dan dukungan
teknologi atau produk yang ada.
9. Apa yang dimaksud Service Support dalam IT Service
Management ?
Jawab :
Service support membahas tentang proses dan komponen dalam operasional IT sehari-hari,
seperti Incident Management, Problem
Management, Change Management, Configuration Management dan Release Management. Pada dasarnya service support menjelaskan proses
support dari IT dan bagaimana cara menangani suatu incident sebelum akhirnya
masuk ke dalam problem management.
10. Jelakan yang dimaksud Service Delivery dalam IT Service
Management ?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar